RESUME PERTEMUAN LE-29 BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN

 


JUM'AT, 22 JULI 2022

RESUME PERTEMUAN KE-29 

NARASUMBER : NANI KUSMIYATI, S.Pd. M.M CTMP

MODERATOR : ROSMINIYATI

MATERI : BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN


Alhamdulillah, malam ini kembali lagi belajar menulis gelombang 25 & 26. Harus diikuti.

Sapaan moderator kepada peserta supaya semangat mengikuti belajar malam ini pun tak lupa disampaikan.

Berdoa sesuai agama masing-masing sebagai awal belajar, dilanjutkan dengan penyampaian tatacaranya. Yakni pembukaan, pemaparan materi, tanya jawab, dan penutup.

Giliran berkenalan dengan narasumber, peserta diminta mengenal pemateri lebih dalam lagi. Tak kenal maka kenalan lah. Blog nya unyu-unyu.

"BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN”

Ibu Mayor Nani mulai memaparkan materinya. Diawali dengan ucapan salam. “Assalamuailaikum bapak ibu pegiat Literasi yang hebat. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru blogger kita Om Jay dan Kak Ros sebagai moderator malam ini atas kesempatan yang baik ini untuk berbagi pengalaman”.

Beliau mengambil topik ini untuk mengingatkan pribadi dan bapak ibu, bahwa menulis di blog seperti kita menulis di buku catatan kita. Berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran kita sendiri maupun pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita dapatkan dari guru kita, ketika kita masih belajar di bangku sekolah maupun kuliah.

Jaman now blog bukanlah sesuatu yang baru karena hampir setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun yang lalu para penulis juga kaum akademisi menggunakan blog untuk mengekspresikan ide, pengalaman dan ilmu yang di dapatkan.

Ibu narasumber menyatakan bahwa Bagi blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian baik dimasa lampau atau saat ini. Masa lampau dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story.

Saran dari Ibu Nani, jika bapak ibu melihat kejadian yang menarik perhatian, maka segera tulis lah di blog. Ketika hendak menulis, tidak selalu menggunakan laptop atau komputer, namun HP dapat membantu kita untuk menuliskan poin-poin singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan.

Lanjutan saran beliau. Setelah memiliki waktu luang barulah kita dapat menuliskannya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri maupun orang lain? Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk menuliskannya? Saya yakin kondisi ini pernah dialami bapak dan ibu termasuk saya pribadi. Jika kendalanya sibuk sekali, saya akan berusaha untuk meluangkan waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian di kesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi.

Menulis tidak dapat kita lakukan ketika kita sedang mengendarai mobil dan kita berada di belakang kemudi. Akan berbeda jika menjadi penumpang maka akan lebih mudah menuliskannya di Hp selama perjalanan bekerja atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsi. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut.

Catatan penting untuk Guru dari Ibu Mayor Nani.

Blog dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing. Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu alternatif di dalam mengajar. Beberapa guru dapat menggunakan google form, whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan lebih bagus.

Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran. Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop. Kekurangannya jika laptop atau flashdisk terkena virus maka akan sangat riskan hilangnya materi ajaran.

KEUNGGULAN BLOG

Blog adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama blog dan password-nya. Jika lupa password masih bisa dipulihkan melalui email atau no Hp kita. Karena blog bersifat umum atau dapat dibaca orang lain, sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di blog.

Ketika mengajar, saya gunakan blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan saya meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group. Saya juga memberi tugas ke siswa lain untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Saya tidak dapat memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda.

Dalam bahasa Inggris, writing termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis masih di dominasi kaum akademisi atau pegiat literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary, saya biasanya memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik tersebut.

TAMABAHAN SARAN BELIAU.

Saya juga menyarankan menggunakan google translate untuk membantu mengerti isi dari reading. Kemudian menceritakan kembali dengan bahasa mereka sendiri. Bagi yang benar-benar level begginer saya meminta mereka membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Mereka belajar menganalisa tulisan mereka sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya.

Bagaimana dengan siswa SD atau SMP? Menurut saya mereka bisa memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau kakak-kakaknya yang mengerti blog dengan segala etika bersosial media. Jika perlu yang mengetahui passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang dapat diandalkan. Walau blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus untuk belajar atau menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.

Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan mengajarkannya cara membuat blog dengan etika bersosial media.

Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call. Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah satu alat untuk mengajar atau belajar. Silakan menggunakan media yang dianggap mudah untuk meningkatkan ilmu dengan berbagi kebaikan dengan murid-murid, sahabat atau orang lain.

Media yang sulit perlu dipelajari dan di takhlukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat mencoba dan have fun dengan blog.

Motto: Jadilah seorang guru yang inovatif dan menginspirasi

Untuk contoh-contoh blog sebagai bahan pengajaran bisa disimak lagi blog Pak Dail Ma’ruf.

Berikut beberapa karya buku solo narasumber untuk memberikan semangat kepada para peserta menulis. OM Jay dan para senior narasumber di group menulis telah bekerja sama dengan Ibu Nani sehingga muncullah karya yang luar biasa.

 





Kak Ros selaku moderator pun berkomentar “Materi yang luar biasa. Blog, di tangan seorang pakar dapat menjadi apa saja yang bermanfaat, tak terkecuali sebagai media pembelajaran yang sangat menarik. Mudah-mudahan kita dapat mengikuti jejak Mayor Nani dalam pengelolaan blog untuk keperluan mengajar”.

Pemaparan pun selesai. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Bagaimana cara mengalahkan rasa malas dan bosan ?

Cara mengatasinya istirahat sebentar minum kopi atau menonton TV,. atau mendengarkan musik, atau jalan-jalan, atau video call dengan keluarga.

Prestasi yang sangat berharga ketika saya bisa menghasilkan buku Solo. Ketiga buku diatas terbit pada tahun 2021,.

Untuk tahun 2022,masih berupa konsep dan belum disusun. Saya ikut belajar dengan para pegiat Literasi lain mencoba tantangan Om Jay menulis setiap hari di blog

 

Saya yakin Bunda sangat sibuk sekali. Jadi pertanyaan saya dalam kesibukan yang luar biasa ini dalam satu hari kira-kira berapa materi yang bisa Bunda tulis di blog?

Sebenarnya setiap hari saya hanya dapat menulis 1 artikel saja, biasanya jika saya belum  sempat membaca ulang tidak saya share di blog tapi jika saya rasa sudah tidak ada kesalahan saya baru share via blog.

1. Kumpulan tulisan yg pernah kita unggah di blog,  adakah syah di kumpulkan jadi buku?

2. Apakah dengan menerbitkan tulisan2 kita di blog, nantinya akan membuat pembaca lebih memilih baca blog kita daripada buku kita?

1. Kumpulan yang pernah kita unggah di blog tentunya syah untuk dijadikan buku karena artikel itu kan karya sendiri.

2. Masih banyak pembaca yang menyukai  membaca dari buku daripada blog kita,. ada 2 tipe pembaca e- book  atau hard copy

Sebagai latihan menggunakan google translate. Silakan peserta untuk membaca puisi ini yang saya ambil dari IG drama China

When the rain falls hard

upon the road,

when the sun is warm and bright,

when the dew glints on grass

that is freshly moved,

whatever the day, the time, the mood,

I just think about how much I love you.

 

Kembali moderator mengingatkan akan pentingnya materi untuk diterapkan pada saat pembelajaran juga mengucapkan terima kasih atas kebersamaan kuliah malam ini.

Kebersamaan yang bermakna lebih, semoga menjadi nilai lebih sehingga siapa pun akan bahagia dengan ilmu yang disampaikan oleh Ibu Mayor Nani. Terima kasih Ibu.

 

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

RESUME PERTEMUAN KE-25 MENULIS MEMBUATKU NAIK KELAS & BERPRESTASI

RESUME PERTEMUAN KE-22 MENULIS DI KALA SAKIT

RESUME PERTEMUAN KE-30 DIGITALISASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH