RESUME PERTEMUAN LE-29 BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN
JUM'AT, 22 JULI 2022
RESUME PERTEMUAN KE-29
NARASUMBER : NANI KUSMIYATI, S.Pd. M.M CTMP
MODERATOR : ROSMINIYATI
MATERI : BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN
Alhamdulillah, malam ini kembali lagi belajar menulis
gelombang 25 & 26. Harus diikuti.
Sapaan moderator kepada peserta supaya semangat mengikuti
belajar malam ini pun tak lupa disampaikan.
Berdoa sesuai agama masing-masing sebagai awal belajar,
dilanjutkan dengan penyampaian tatacaranya. Yakni pembukaan, pemaparan materi,
tanya jawab, dan penutup.
Giliran berkenalan dengan narasumber, peserta diminta
mengenal pemateri lebih dalam lagi. Tak kenal maka kenalan lah. Blog nya
unyu-unyu.
"BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN”
Ibu Mayor Nani mulai memaparkan materinya. Diawali dengan
ucapan salam. “Assalamuailaikum bapak ibu pegiat Literasi yang hebat.
Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru blogger kita Om Jay
dan Kak Ros sebagai moderator malam ini atas kesempatan yang baik ini untuk
berbagi pengalaman”.
Beliau mengambil topik ini untuk mengingatkan pribadi dan
bapak ibu, bahwa menulis di blog seperti kita menulis di buku catatan kita.
Berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran kita
sendiri maupun pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu
dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita
dapatkan dari guru kita, ketika kita masih belajar di bangku sekolah maupun
kuliah.
Jaman now blog bukanlah sesuatu yang baru karena hampir
setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun yang lalu para
penulis juga kaum akademisi menggunakan blog untuk mengekspresikan ide,
pengalaman dan ilmu yang di dapatkan.
Ibu narasumber menyatakan bahwa Bagi blog sangat membantu
mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian baik dimasa lampau atau saat
ini. Masa lampau dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah
mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story.
Saran dari Ibu Nani, jika bapak ibu melihat kejadian yang
menarik perhatian, maka segera tulis lah di blog. Ketika hendak menulis, tidak
selalu menggunakan laptop atau komputer, namun HP dapat membantu kita untuk
menuliskan poin-poin singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik
untuk diceritakan.
Lanjutan saran beliau. Setelah memiliki waktu luang barulah
kita dapat menuliskannya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada
waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri
maupun orang lain? Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk
menuliskannya? Saya yakin kondisi ini pernah dialami bapak dan ibu termasuk
saya pribadi. Jika kendalanya sibuk sekali, saya akan berusaha untuk meluangkan
waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian
di kesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi.
Menulis tidak dapat kita lakukan ketika kita sedang
mengendarai mobil dan kita berada di belakang kemudi. Akan berbeda jika menjadi
penumpang maka akan lebih mudah menuliskannya di Hp selama perjalanan bekerja
atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting
poin-poin itu sudah ada deskripsi. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali
untuk menyempurnakan tulisan tersebut.
Catatan penting untuk Guru dari Ibu Mayor Nani.
Blog dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing.
Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per
paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu
alternatif di dalam mengajar. Beberapa guru dapat menggunakan google form,
whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan
lebih bagus.
Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran.
Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan
menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi
ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop.
Kekurangannya jika laptop atau flashdisk terkena virus maka akan sangat riskan
hilangnya materi ajaran.
KEUNGGULAN BLOG
Blog adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi
pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama
blog dan password-nya. Jika lupa password masih bisa dipulihkan melalui email
atau no Hp kita. Karena blog bersifat umum atau dapat dibaca orang lain,
sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika
guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia,
sebaiknya jangan disimpan di blog.
Ketika mengajar, saya gunakan blog untuk mengirimkan
tugas-tugas ke siswa dan saya meminta mereka menjawab di blog mereka dan
mengirmkan linknya ke group. Saya juga memberi tugas ke siswa lain untuk
berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Saya tidak dapat memaksa
mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak
pekerjaan rumah dari guru berbeda.
Dalam bahasa Inggris, writing termasuk salah satu skill yang
tersulit karena budaya menulis masih di dominasi kaum akademisi atau pegiat
literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary, saya biasanya
memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik
tersebut.
TAMABAHAN SARAN BELIAU.
Saya juga menyarankan menggunakan google translate untuk
membantu mengerti isi dari reading. Kemudian menceritakan kembali dengan bahasa
mereka sendiri. Bagi yang benar-benar level begginer saya meminta mereka
membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek,
Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google
translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Mereka belajar menganalisa
tulisan mereka sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa
Inggrisnya.
Bagaimana dengan siswa SD atau SMP? Menurut saya mereka bisa
memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau kakak-kakaknya yang mengerti
blog dengan segala etika bersosial media. Jika perlu yang mengetahui
passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang dapat diandalkan. Walau
blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus untuk belajar atau
menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.
Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka
dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan
mengajarkannya cara membuat blog dengan etika bersosial media.
Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan
blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom
atau whatsApp call. Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah
satu alat untuk mengajar atau belajar. Silakan menggunakan media yang dianggap
mudah untuk meningkatkan ilmu dengan berbagi kebaikan dengan murid-murid,
sahabat atau orang lain.
Media yang sulit perlu dipelajari dan di takhlukkan jika
memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak
memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat mencoba dan have fun dengan
blog.
Motto: Jadilah seorang guru yang inovatif dan menginspirasi
Untuk contoh-contoh blog sebagai bahan pengajaran bisa
disimak lagi blog Pak Dail Ma’ruf.
Berikut beberapa karya buku solo narasumber untuk memberikan
semangat kepada para peserta menulis. OM Jay dan para senior narasumber di
group menulis telah bekerja sama dengan Ibu Nani sehingga muncullah karya yang
luar biasa.
Kak Ros selaku moderator pun berkomentar “Materi yang luar
biasa. Blog, di tangan seorang pakar dapat menjadi apa saja yang bermanfaat,
tak terkecuali sebagai media pembelajaran yang sangat menarik. Mudah-mudahan
kita dapat mengikuti jejak Mayor Nani dalam pengelolaan blog untuk keperluan
mengajar”.
Pemaparan pun selesai. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
Bagaimana cara mengalahkan rasa malas dan bosan ?
Cara mengatasinya istirahat sebentar minum kopi atau
menonton TV,. atau mendengarkan musik, atau jalan-jalan, atau video call dengan
keluarga.
Prestasi yang sangat berharga ketika saya bisa menghasilkan
buku Solo. Ketiga buku diatas terbit pada tahun 2021,.
Untuk tahun 2022,masih berupa konsep dan belum disusun. Saya
ikut belajar dengan para pegiat Literasi lain mencoba tantangan Om Jay menulis
setiap hari di blog
Saya yakin Bunda sangat sibuk sekali. Jadi pertanyaan
saya dalam kesibukan yang luar biasa ini dalam satu hari kira-kira berapa
materi yang bisa Bunda tulis di blog?
Sebenarnya setiap hari saya hanya dapat menulis 1 artikel
saja, biasanya jika saya belum sempat
membaca ulang tidak saya share di blog tapi jika saya rasa sudah tidak ada
kesalahan saya baru share via blog.
1. Kumpulan tulisan yg pernah kita unggah di blog, adakah syah di kumpulkan jadi buku?
2. Apakah dengan menerbitkan tulisan2 kita di blog,
nantinya akan membuat pembaca lebih memilih baca blog kita daripada buku kita?
1. Kumpulan yang pernah kita unggah di blog tentunya syah
untuk dijadikan buku karena artikel itu kan karya sendiri.
2. Masih banyak pembaca yang menyukai membaca dari buku daripada blog kita,. ada 2 tipe
pembaca e- book atau hard copy
Sebagai latihan menggunakan google translate. Silakan peserta
untuk membaca puisi ini yang saya ambil dari IG drama China
When the rain falls hard
upon the road,
when the sun is warm and bright,
when the dew glints on grass
that is freshly moved,
whatever the day, the time, the mood,
I just think about how much I love you.
Kembali moderator mengingatkan akan pentingnya materi untuk
diterapkan pada saat pembelajaran juga mengucapkan terima kasih atas
kebersamaan kuliah malam ini.
Kebersamaan yang bermakna lebih, semoga menjadi nilai lebih
sehingga siapa pun akan bahagia dengan ilmu yang disampaikan oleh Ibu Mayor
Nani. Terima kasih Ibu.
Comments
Post a Comment